Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

MUSEUM BPK RI “Merajut Kebersamaan Dalam Keragaman”

Selasa, 9 Januari 2018, Museum BPK RI mengadakan kegiatan bertajuk “Merajut Kebersamaan Dalam Keragaman”. Pada kesempatan ini, pengelola Museum BPK RI mengundang beberapa stakeholder yang berhubungan langsung dengan Museum. Adapun stakeholder yang diundang adalah seluruh museum di Kota Magelang (yaitu Museum Diponegoro, Museum Sudirman, Museum Abdul Djalil, Museum Bumiputera dan Museum OHD), Dinas Kepemudaan,Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, satuan kerja di lingkungan eks Karesidenan Kedu yang merupakan UPT dari Provinsi Jawa Tengah (yaitu Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus Wilayah IV, Balai Perhubungan Wilayah IV, Balai Pengelolaan Hutan Wilayah VIII, Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan Magelang, dan Satuan Pengawas Tenaga Kerja Magelang). Di samping itu, diundang juga beberapa komunitas di Kota Magelang yaitu Komunitas KOTA TOEA, Komunitas Pecinta Aksara Jawa Kuno dan Komunitas Java Talk Through Art.

Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin komunikasi dan kerja sama yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Di samping itu, dari pertemuan ini diharapkan terbentuk suatu wadah komunikasi museum se-kota Magelang, yang berkembang menjadi wadah komunikasi bagi seluruh pelaku wisata di Kota Magelang.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.30, dengan diawali sambutan dari Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto. Dalam sambutannya Kepala Museum menyampaikan ucapan terima kasih dan mengajak seluruh pihak-pihak untuk saling bersinergi guna kemajuan Kota Magelang. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan satuan kerja, perwakilan museum dan perwakilan komunitas.

Acara dilanjutkan dengan diskusi terbuka yang berlangsung dengan sangat interaktif. Dari diskusi tersebut disimpulkan beberapa hal, yaitu dibentuknya suatu wadah komunikasi dan terlaksananya pertemuan museum se-kota magelang secara berkala, museum se-kota dituntut untuk lebih mmeningkatkan kinerjanya demi peningkatan pelayanan dan kunjungan, serta peningkatan even-even permuseuman di Kota Magelang.