Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Merdeka Bersama Pengawal Harta Negara

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Museum Badan Pemeriksa Keuangan RI kembali mengadakan pagelaran musik. Acara yang bertema “Merdeka Bersama Pengawal Harta Negara” ini diadakan pada Sabtu, 18 Agustus 2018. Kegiatan ini merupakan puncak acara setelah diadakannya lomba mewarnai dan photo challenge. Ini merupakan kali kedua Museum BPK RI mengadakan pagelaran music ini, setelah tahun lalu dengan tema yang sama.

Acara diawali dengan pertunjukkan teater dari Komunitas Magelang Kembali. Teater yang menampilkan perjuangan bangsa Indonesia ini ditampilkan secara apik oleh siswa siswi SMPN 1 Magelang. Setelah itu, hadirin diminta untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada kesempatan tersebut, Plh Kepala Museum BPK RI, Sri Wahyuni juga menyampaikan pidato sambutan. Acara ini dimeriahkan oleh band-band lokal Magelang dengan berbagai genre music. Band-band yang tampil pada acara ini secara berturut-turut adalah Sevenska Paradise, Danu & The Last Winery, dan Bleketepe. Breakdancing dari Baltimored Crew juga turut andil dalam menghibur penonton. Penonton sangat antusias sepanjang acara berlangsung. Antusiasme penonton meningkat dengan dibagikannya doorprize.

Pada penghujung acara seluruh panitia dan hadirin berdiri menyanyikan lagu “Rumah Kita”. Acara ini diharapkan menjadi acara tahunan Museum BPK RI untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Melalui acara ini, masyarakat diharapkan dapat lebih mengenal Museum BPK RI di Magelang sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme bangsa.