Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Road Show Surabaya Pahlawan Jazz at Museum BPK RI

Senin malam tanggal 30 Mei 2022 area open stage Museum BPK RI disulap menjadi tempat pertunjukan musik jazz dengan menggunakan mobil caravan sebagai panggung utamanya. Mobil caravan ini merupakan properti dari komunitas musisi jazz asal kota Surabaya, Jawa Timur, Surabaya Pahlawan Jazz yang tergabung dalam Surabaya Entertainment Club (SEC).

Indah Kurnia sebagai penggagas mobil caravan sekaligus pendiri SEC menuturkan bahwa mobil ini merupakan sebuah terobosan bagi pekerja seni untuk terus berkarya ditengah gempuran pandemi Covid-19. Dengan adanya panggung mobil caravan, pertunjukan musik tidak hanya dapat dilakasanakan di area outdoor tetapi juga bisa dimana saja.

Pertunjukan musik ini merupakan rangkaian dari Road Show Jazz 2022 yang dilaksanakan di beberapa kota salah satunya Kota Magelang. Pihak SEC tentunya sangat mempertimbangkan keadaan saat ini dimana angka terdampak Covid-19 semakin berkurang dan aktifitas sosial menuju kenormalan baru semakin meningkat, maka road show ini dijadikan sebagai momentum membangkitkan semangat para pekerja seni Kota Surabaya.

Indah Kurnia mengatakan musisi merupakan profesi yang tidak mendapat jaminan sosial dan berpenghasilan rendah, sehingga ia merasa perlu berbuat sesuatu supaya komunitasnya tetap hidup dan berjaya. Diketahui juga bahwa Indah Kurnia telah menggeluti dunia musik sejak berusia delapan tahun dan pernah memecahkan Rekor MURI dengan pencapaian menyanyi 714 lagu tanpa teks selama lima hari dalam perayaan HUT Kota Surabaya ke-714.

Dipilihnya Museum BPK RI sebagai salah satu tempat pertunjukan SEC bukan tanpa alasan. Indah Kurnia yang merupakan anggota komisi XI DPR RI menyampaikan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung visi Museum BPK RI yakni “Menjadi pusat pelestarian nilai dan pengetahuan serta hasil kerja BPK yang komunikatif, edukatif dan rekreatif”.

Rombongan Indah Kurnia yang terdiri dari 15 musisi dan crew disambut langsung oleh kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK RI Selvia Vivi Devianti. Beliau menyampaikan dukungannya serta mengundang SEC untuk turut mempromosikan Museum BPK RI kepada masyarakat.

Selain itu, walikota Magelang, Muchammad Nur Aziz, beserta jajaran forum pimpinan daerah Kota Magelang turut hadir dan mendukung kolaborasi antara SEC dan Museum BPK RI. Dari jajaran forum pimpinan daerah Kabupaten Magelang turut hadir Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, bersama Kasdim 0805, Kapolsek Mertoyudan, pimpinan Komisi I DPRD dan kepala Disparpora Kabupaten Magelang.

Para penonton yang berasal dari komunitas pecinta jazz di wilayah Magelang serta masyarakat umum tampak menikmati setiap lagu yang dimainkan para musisi Surabaya Pahlawan Jazz. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan supaya masyarakat dan para musisi dapat bangkit bersama pasca pandemic Covid-19.