Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Lomba Menggambar Desain Batik bersama DP4KB dan Forum Genre Kota Magelang

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2022, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) bersama Forum Generasi Berencana atau Genre Kota Magelang mengadakan lomba menggambar desain batik di Museum BPK RI. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh 60 pelajar tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se Kota Magelang. Para peserta, yang pada saat lomba berlangsung mengenakan pakaian batik, menggambar sekaligus mewarnai desain batik karya masing-masing pada media kanvas dengan alat warna bebas.

Disampaikan langsung oleh kepala DP4KB Kota Magelang, Khudhoifah, kegiatan lomba menggambar desain batik ini bertujuan untuk menggali potensi generasi muda dalam dunia seni rupa serta mendidik generasi muda untuk lebih mencintai Kota Magelang. Dalam menggambar batik, peserta wajib menampilkan ikon atau identitas Kota Magelang seperti Water Toren, bukti Tidar, Patung Diponegoro dan ikon-ikon lainnya. Selain itu, peserta juga wajib menampilkan logo “Berencana Itu Keren” yang merupakan tagline dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Melalui acara ini, pihak DP4KB berharap peserta yang masih berusia remaja dapat lebih mengenal masalah-masalah kependudukan sejak masih berada di bangku sekolah.

Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba menggambar desain batik oleh DP4KB Kota Magelang dengan Museum BPK RI sebagai tuan rumah kegiatan. Ia juga menyampaikan harapan khususnya bagi peserta lomba agar tumbuh menjadi generasi yang berkualitas dan sadar akan perencanaan dan kesiapan berkeluarga melalui program-program dari DP4KB Kota Magelang.

Di tengah-tengah acara, terdapat gelaran fashion show bertema batik dari anggota Forum Genre Kota Magelang. Forum ini memfasilitasi anak remaja berusia 10-24 tahun untuk mendapatkan pengetahuan mengenai persiapan kesehatan, pendidikan, karir dan perencanaan kehidupan berkeluarga dalam naungan BKKBN.

Puncak dari kegiatan lomba menggambar desain batik ini adalah penentuan pemenang lomba. Adapun tiga orang juri lomba adalah Iwing Setyowati seorang pengusaha batik di Magelang, Astuti Arindra seorang desainer batik dan Nugroho Agung Prabowo seorang dosen sekaligus pengusaha batik. Dari 30 karya peserta tingkat SMP/MTs dan 30 karya peserta tingkat SMA/SMK/MA, dipilih lima karya terbaik dari masing-masing jenjang untuk maju ke tahap presentasi. Pada tahap ini masing-masing peserta menceritakan isi dan makna dari karya mereka di depan para juri dalam waktu maksimal empat menit. Dari hasil penilaian akhir, diperoleh juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing jenjang dan peserta berhak mendapatkan hadiah berupa trophy, sertifikat penghargaan dan uang tunai. Selain itu, karya-karya dari para pemenang akan ditawarkan ke pengusaha-pengusaha batik untuk dipasarkan.