Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI Ikuti Pameran Keliling Museum di Klaten

Museum BPK RI berkesempatan menyapa warga Klaten lewat Pameran Keliling bersama Museum Jawa Tengah Ranggawarsita. Pameran yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah ini berlangsung selama lima hari, pada tanggal 4-8 Agustus 2022 di Gedung Sunan Pandanaran (RSPD) Kabupaten Klaten. Pameran dengan tema “Museum Dolan Klaten: Bersama Museum Menginspirasi Masa Depanku” ini sekaligus sebagai perayaan hari jadi Kabupaten Klaten yang ke-218.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, membuka secara resmi Pameran Keliling pada Rabu, 4 Agustus 2022. Disusul antusiasme warga Klaten mulai acara pembukaan dengan memenuhi stand-stand pameran. Pengunjung terdiri dari para pelajar mulai jenjang TK hingga SMA sederajat bersama guru pendamping, budayawan, komunitas, para pegawai pemerintah hingga masyarakat umum. Selain Museum BPK RI, turut berpartisipasi pula Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jateng, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA, Kisah Tanah Jawa, UMKM Klaten dan tentu saja Museum Ranggawarsita sebagai pemrakarsa pameran.

Pada pameran kali ini, Museum BPK RI menampilkan beberapa koleksi seperti patung ketua BPK pertama yaitu bapak R. Soerasno, alat pendukung pemeriksaan seperti mesin ketik, proyektor dan kamera, Staatblad atau Lembar Negara pada masa kolonial, laporan hasil pemeriksaan dan lain-lain. Selain melihat koleksi museum, pengunjung juga dapat mencoba beberapa games interkatif yang disediakan oleh Museum BPK RI. Pengunjung yang beruntung dapat membawa pulang souvenir exclusive dari Museum BPK RI.

Selain pameran museum, ada juga gelar seni budaya seperti penampilan tari dan musik. Peserta dan masyarakat yang berpartisipasi dalam gelar seni budaya menampilkan beragam pertunjukan baik seni tradisional maupun modern. Ada juga diskusi dan talkshow, pameran UMKM dan kuliner yang bisa pengunjung nikmati selama pameran berlangsung.

Museum BPK RI berharap melalui pameran keliling ini, masyarakat dapat lebih mengenal museum di Jawa Tengah khususnya Museum BPK RI. Pameran ini juga diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya melalui museum untuk bisa menjadi generasi Indonesia maju, berbudaya dan sejahtera. Salam Museum di Hatiku!!