Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI Jadi Tuan Rumah For-JALA Regional Triwulan II Tahun 2023

Museum BPK RI mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah kegiatan Forum Kinerja Pelaksanaan Anggaran (For-JALA) Regional Triwulan II Tahun 2023 yang dilaksanakan pada Selasa, 30 Mei 2023 dan di buka oleh Kepala Biro Keuangan, R. Edy Susila S.H., CSFA. Kegiatan ini merupakan forum diskusi antara Biro Keuangan dan satuan kerja (satker) BPK baik di lingkungan kantor pusat maupun Perwakilan, Badan Diklat, Balai Diklat dan Museum. Forum diskusi ini dibentuk sebagai sarana untuk membantu satker dalam menyelesaikan permasalahan terkait perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dan anggaran.

Selama pandemi Covid-19, kegitan For-JALA dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi telekonferensi. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala dan pemasalahan yang dihadapi seperti keterbatasan interaksi dan komunikasi. Oleh sebab itu, seiring dengan pencabutan PPKM oleh pemerintah, Biro Keuangan mencoba memberikan ruang lebih kepada peserta dengan menyelenggarakan kegiatan For-JALA secara langsung atau tatap muka.

Pelaksanaan For-JALA secara tatap muka dibagi dalam enam regional dan Museum BPK RI masuk dalam Regional IV. Regional IV sendiri terdiri dari  Badan Diklat PKN, seluruh Perwakilan se-Jawa dan se-Kalimantan, Balai Diklat PKN Yogyakarta, serta Museum BPK RI selaku tuan rumah. Kegiatan tatap muka perdana kali ini mengusung tema “Semakin Dekat” dan mengangkat bahasan isu-isu aktual dan strategis terkait pengelolaan keuangan. Harapannya, peserta dapat lebih leluasa menyampaikan masukan serta permasalahan terkait pengelolaan keuangan.

“Ini suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Museum BPK RI yang telah dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan ini. Terima kasih kepada Kepala Biro Keuangan. Dengan pelaksanaan kegiatan ini secara luring ini, tentunya tujuan adanya For-JALA yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan layanan dan koordinasi serta komunikasi antar satker di bidang pengelolaan keuangan,  akan lebih mudah dan lebih cepat terealisasi”. Tutur Dicky Dewarijanto, Kepala Museum BPK RI.

Selepas kegiatan diskusi berakhir, para peserta berbondong-bondong masuk ke Museum BPK RI. Hal ini tentu sangat menarik bagi para pegawai BPK untuk dapat melihat langsung koleksi dan informasi yang tersaji di Museum BPK RI. Beberapa diantara mereka mencoba game interaktif dan berfoto di spot-spot menarik yang tersedia.