Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Satu Tahun Forum Komunikasi Sahabat Museum BPK RI

Kembali mengadakan pertemuan setelah satu tahun sejak dideklarasikannya Forum Komunikasi Sahabat Museum BPK RI (FKSM BPK RI) pada 25 Mei 2022 membuat kerja sama antara Museum BPK RI dan komunitas lebih erat. Dalam pertemuan yang diadakan pada tanggal 24 Mei 2023 ini, para anggota forum membahas evaluasi dan rencana strategis yang melibatkan Museum dengan anggota FKSM BPK RI sekaligus memperingati satu tahun berdirinya FKSM BPK RI. Saat ini ada lebih dari 19 komunitas di Magelang Raya dalam bidang seni, budaya, kreatifitas dan pariwisata yang telah tergabung di FKSM BPK RI.

Tema yang diusung dalam pertemuan kali ini adalah “sinergi Museum BPK RI dengan komunitas melalui FKSM BPK RI”. Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, menuturkan “Kegiatan ini bertujuan agar FKSM BPK RI semakin langgeng dan bersinergi dalam berkolaborasi untuk menunjukan eksistensi museum dan komunitas.”

Lebih lanjut, Dicky mengatakan bahwa Museum tidak bisa hanya berkegiatan sendiri. Museum dan komunitas harus saling mendukung. Secara tidak langsung, komunitas merupakan kepanjangan tangan museum yang bisa menggandeng anggota serta masyarakat untuk berkunjung ke museum. Sedangkan museum menjadi ruang bagi komunitas untuk mengapresiasikan hasil karya dan berkegiatan bersama.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Pendopo Wisnu Museum BPK RI ini, diperkenalkan logo resmi FKSM BPK RI yang berbentuk dua lingkaran dengan dua warna yang berbeda. Dicky menjelaskan, bagian biru melambangkan forum komunikasi, sedangkan bagian kuning melambangkan Museum BPK RI. Logo tersebut menggambarkan penggabungan dua gambar dalam forum komunikasi antara Museum BPK RI dengan komunitas. Jadi antara Museum BPK RI dan FKSM BPK RI saling berhubungan, berkaitan dan saling membutuhkan satu sama lain.

Seperti perayaan ulang tahun pada umumnya, pada hari jadi FKSM BPK RI yang pertama ini juga dilangsungkan sesi potong tumpeng. Tumpeng dipotong langsung oleh Kepala Museum BPK RI, didampingi oleh Mbilung Sarawita seorang budayawan yang aktif di FKSM BPK RI dan diberikan kepada anggota forum.

Kepala Museum BPK Dicky Dewarijanto menegaskan bahwa Museum BPK RI terbuka untuk siapapun selama itu memberikan dampat positif bagi museum, komunitas dan masyarakat.