Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

One Day Tour: Museum BPK RI Terima Kunjungan Museum-Museum Peserta Pameran Bersama Ranggawarsita 2023

Sabtu, (10/06/2023) Museum BPK RI menerima kunjungan dari museum-museum se-Indonesia peserta pameran bersama Museum Ranggawarsita 2023. Kunjungan ini dalam rangka One day tour yang merupakan rangkaian dari acara pameran dimana museum-museum peserta pameran diajak berkunjung ke beberapa museum yang letaknya tidak jauh dari Kota Semarang. Peserta berkeliling dan mengunjungi tiga museum di Kota dan Kabupaten Magelang yaitu Museum BPK RI, Museum Kamar Pengabdian Pangeran Diponegoro dan Museum Kapal Samudera Raksa.

Dalam kesempatan kunjungan di Museum BPK RI, Kepala Museum Ranggawarsita, Djoko N Witjaksono, menyampaikan sambutannya dan berterima kasih karena telah diterima dengan baik di Museum BPK RI.

“Kami membawa rombongan tidak hanya satu mobil tetapi satu bus karena terus terang Museum BPK RI ini mempunyai magnet khusus yang dapat menarik minat orang untuk datang ke museum ini. Kami mengajak teman-teman museum untuk melihat Museum BPK, jadi tidak hanya museum kami, tetapi juga melihat museum yang lain yang sangat-sangat bagus untuk dikunjungi.”

Rombongan yang terdiri dari para kepala dan staff museum ini banyak yang berasal dari luar Jawa, nampak antusias karena belum pernah berkunjung ke Museum BPK RI sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah dari Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa, Museum Negeri Provinsi Kalimantan Timur Mulawarman, Museum Siwalima Maluku dan Museum Demmatande Mamasa Sulawesi Barat.

Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, menyambut langsung kedatangan para peserta. Ia memperkenalkan Museum BPK RI dan mengajak para peserta untuk berkeliling menyusuri ruangan-ruangan museum. Setelah berkeliling museum, para peserta diperkenalkan dengan makanan tradisional khas Magelang seperti kupat tahu, sop senerek dan gethuk.