Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum Jelajah #1: Museum BPK RI Dolan Temanggung

Pada tanggal 20-22 Mei 2024, SMKN 1 Temanggung menjadi saksi dari kegiatan yang menarik, yakni Museum Jelajah Dolan Temanggung. Acara ini diinisiasi dengan tujuan memperkenalkan dan mensosialisasikan peran serta fungsi museum kepada para guru dan siswa. Menariknya, acara ini membawa museum langsung ke lingkungan sekolah. Kehadirannya dapat dirasakan oleh siswa sebagai ruang kelas yang menyajikan ilmu pengetahuan melalui koleksi museum.

Museum Jelajah Dolan Temanggung dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Uswatun Hasanah. Dalam sambutannya, ia menyampaikan dukungan penuh terhadap upaya mensosialisasikan museum kepada generasi muda. Acara ini menjadi bukti bahwa kolaborasi antara lembaga pendidikan dan museum dapat menciptakan pengalaman belajar yang berkesan.

Beberapa museum terkemuka turut berpartisipasi, termasuk Museum BPK RI, Museum Ranggawarsita Jawa Tengah, Monumen Pers Nasional, Museum Penerangan Kominfo Jakarta, Museum AKPOL, dan Museum Tanah & Pertanian Bogor. Masing-masing museum menampilkan pameran mini yang menarik dengan menampilkan koleksi-koleksi unggulan.

Museum BPK RI dalam kesempatan ini menampilkan koleksi Notulen ARK (Algemene Rekenkamer) / BPK Hindia Belanda Tahun 1810 dan alat pendukung pemeriksaan zaman dulu seperti kamera, proyektor dan mesin ketik. Ada pula foto-foto kegiatan pemeriksaan masa kini, sehingga pengunjung dapat mengetahui lebih jauh tentang kegiatan pemeriksaan BPK. Selain membawa koleksi unggulan, Museum BPK RI juga mengajak pengunjung untuk berinteraksi lebih dekat dengan alat-alat peraga yang disediakan, seperti photobooth, permainan little auditor, dan quiz yang menantang.

Di penghujung acara, tercatat ada 2749 pengunjung dari berbagai tingkatan pendidikan, yang dengan antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Dengan demikian, Museum Jelajah Dolan Temanggung tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga simbol dari upaya untuk lebih mendekatkan museum kepada siswa dan guru, serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan.