Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI dalam Pameran ke-BPK-an

Museum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) turut serta dalam acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Jakarta pada Senin, 8 Juli 2024, dengan Ketua BPK RI, Isma Yatun, yang menyampaikan laporan tersebut kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Museum BPK RI memanfaatkan kesempatan ini dengan mendirikan standbooth pameran yang menonjolkan sejarah berdirinya BPK RI. Pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai awal mula perjalanan BPK RI saat berkantor di Magelang hingga saat ini berada di Jakarta. Pengunjung juga dapat menyaksikan beberapa koleksi alat pendukung pemeriksaan, seperti kamera yang dulu digunakan oleh pemeriksa BPK RI.

Tak hanya itu, Museum BPK RI juga memperkenalkan layanan kunjungan virtual melalui aplikasi 360, yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi museum secara virtual dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, Museum BPK RI juga menyediakan layanan digital interactive guide berupa hologram pemandu museum, yang memberikan informasi detail mengenai ruangan-ruangan di dalam museum.

Kehadiran inovasi-inovasi ini menunjukkan komitmen Museum BPK RI dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman edukatif bagi pengunjung dan masyarakat. Hal tersebut tentunya dalam upaya mendekatkan BPK RI kepada masyarakat luas yang sejalan dengan visi Museum BPK RI yaitu menjadi pusat pelestarian nilai dan pengetahuan serta hasil kerja BPK yang komunikatif, edukatif, dan rekreatif yang mendukung pencapaian visi dan misi BPK.