Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Mengenang Jasa Pahlawan Bersama Museum BPK RI

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019, Museum BPK RI mengadakan kegiatan nonton bareng film yang mengusung tema perjuangan, yaitu film yang berjudul “Battle of Surabaya”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 15 November 2019 pukul 13.00 s.d. selesai di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Jawa Tengah. Dalam acara tersebut, Museum BPK RI mengundang SMA/SMK sekota Magelang, museum-museum Magelang Raya, komunitas-komunitas di Magelang, serta beberapa Media di Kota Magelang. Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang, dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang.

Film “Battle of Surabaya” bukanlah sembarang film yang dipilih Museum BPK RI untuk menyesuaikan dengan tema peringatan hari pahlawan. Film tersebut telah mendapat puluhan penghargaan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Film animasi 2D yang berdurasi sekitar 90 menit ini, menampilkan sosok Musa, seorang tukang semir sepatu yang menjadi kurir perjuangan untuk pejuang dan TKR dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Cerita heroik di film “Battle of Surabaya” diselingi dengan adegan-adegan lucu sehingga penonton tidak akan merasa bosan. Selain itu, banyak pesan-pesan moral yang terkandung dalam film ini, terutama pesan perjuangan sehingga layak untuk ditonton siapa saja tanpa batasan umur.

Kegiatan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yang diadakan Museum BPK RI, tidak hanya nonton bareng saja, tetapi juga disertai diskusi film dengan pihak MSV Studio, pemegang lisensi film “Battle of Surabaya”. Para penanya terlihat antusias dengan proses pembuatan film tersebut. Dalam diskusi film itu, pihak MSV Studio menyampaikan pesan dari film “Battle of Surabaya” , yaitu “there is no glory in war” karena sejatinya tidak ada yang menang dalam sebuah perang.