Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Jauh-Jauh dari Bogor ke Museum BPK

Hujan deras mengguyur Kota Magelang pada Rabu, 15 Januari 2020. Tidak lama, sebuah bus masuk ke kompleks Eks Karesidenan Kedu dan berparkir di depan Gedung Museum BPK. Lengang, alih-alih menunggu reda, hujan justru semakin deras. Namun, hujan deras tidak menyurutkan semangat rombongan untuk turun ke Gedung Museum BPK. Rombongan tersebut adalah siswa-siswi dari SMA Islam Cikal Harapan 2, Bogor, Jawa Barat. Dipayungi oleh Satpam Museum BPK, rombongan siswa-siswi SMA Islam Cikal Harapan 2 Bogor memasuki selasar menuju Lobby Museum.

Kepala Museum BPK, Dicky Dewarijanto, menyambut rombongan SMA Islam Cikal Harapan 2 Bogor saat memasuki Lobby Museum. Rasa antusias tergambar di wajah siswa-siswi saat masuk ke ruang museum walaupun suasana dingin karena hujan. Ruangan demi ruangan ditelusuri dan diamati dengan cermat. Para siswa tidak segang-segan melontarkan pertanyaan kepada pemandu atau mencoba alat peraga di museum. Tidak jarang para siswa juga berswafoto di setiap ruangan yang ada. Antusiasme dan keceriaan para siswa SMA Islam Cikal Harapan 2 Bogor itulah yang menambah semangat staf Museum BPK dalam memandu.

Pada akhir kunjungan, rombongan berkumpul di Ruang Pamer Museum BPK untuk berdiskusi mengenai Museum BPK. Tanya jawab berlangsung hangat ditemani oleh secangkir teh yang tersedia. Pihak SMA Islam Cikal Harapan 2 Bogor juga memberikan kenang-kenangan kepada Museum BPK yang diterimakan oleh Kepala Museum BPK.