Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

SMK Tio Mejagong, Pemalang Belajar Sejarah di Museum BPK RI

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Wilayah ini dikenal pula mempunyai banyak produk unggulan seperta Sentra tenun ATBM, konveksi, kerajinan kulit ular, dan sapu glagah, dan sebagainya.

Salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Pemalang adalah Kecamatan Randudongkal. Disitulah terletak SMK Tio yang berada di wilayah Desa Mejagong. SMK TIO merupakan  Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan berbasis Islami yang berdiri pada tahun 2012. Salah satu mata pelajaran yang ada di SMK Tio adalah pelajaran Sejarah. Dalam rangka mengenalkan sejarah kepada para siswa SMK Tio, pada Jumat, 24 Januari 2020, para SMK Tio Mejagong melakukan kunjungan ke Museum BPK RI. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan sejarah BPK RI kepada para siswa SMK Tio.

Rombongan SMK Tio yang terdiri atas 40 siswa dan 10 guru pendamping tersebut tiba di Museum BPK sekitar pukul 08.00 WIB. Para peserta kunjungan disambut oleh Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto. Rasa lelah karena perjalanan jauh tidak menyurutkan semangat para peserta kunjungan untuk menelusuri setiap ruangan yang ada di Museum BPK.

Para peserta kunjungan memperhatikan baik-baik terhadap apa yang dipaparkan Kepala Museum dan Staf Museum. Mereka mengamati dan memperhatikan setiap benda koleksi dan alat peraga di museum. Mereka tidak segan mencoba alat peraga dan berswa foto pada booth yang tersedia.

Kurang lebih setelah satu jam berkeliling Museum BPK, para peserta kunjungan dari SMK Tio mengakhiri kunjungan di Museum BPK. Mereka berterima kasih atas keramahan Kepala dan Staf Museum BPK dalam memandu dan memberikan pengetahuan tentang sejarah BPK.