Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Dari Gontor ke Magelang Mampir ke Museum BPK

Kamis, 13 Februari 2020, cuaca di Kota Magelang sangat mendukung untuk menjalankan aktivitas di luar ruangan. Tampak dari balik jendela Museum BPK, sebuah bus datang dan berparkir di tempat parkir bus di sebelah selatan kompleks Museum BPK. Berseragam rapi dengan mengenakan kerudung yang menjuntai panjang, penumpang bus turun satu per satu disusul oleh seorang wanita dan seorang laki-laki yang berpakaian berbeda dari rombongan tersebut. Tidak lama setelah itu, perwakilan dari rombongan menuju ke Gedung Museum BPK menemui petugas jaga. Mereka menyampaikan maksud untuk berkunjung ke Museum BPK yang nantinya akan dilaksanakan sekitar pukul 13.00 WIB karena sebelum kunjungan tersebut, mereka akan melaksanakan tugas perkuliahan dahulu di Kejaksaan Negeri Kota Magelang.

Ya, mereka adalah rombongan dari Fakultas Syariah, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Jawa Timur yang sedang melaksanakan tugas perkuliahan di Kejaksaan Negeri Kota Magelang. Para mahasiswi dan dua dosen pendamping UNIDA tersebut menyempatkan untuk mampir ke Museum BPK setelah tugas perkuliahan di Kejaksaan Negeri Kota Magelang selesai.

Benar saja, kurang lebih pukul 13.00 WIB, rombongan mahasiswi UNIDA Gontor datang ke Museum BPK. Cuaca panas dan rasa letih setelah melaksanakan tugas perkuliahan tidak menyurutkan semangat dan keceriaan para anggota rombongan. Dipandu oleh staf Museum BPK, mereka menyusuri setiap ruangan yang ada, melihat segala informasi tentang BPK, melihat koleksi benda-benda museum, mencoba alat peraga, dan tak ketinggalan mereka berswa foto pada tempat-tempat yang mereka rasa instagramable. Saat kunjungan itu, para mahasiswi UNIDA Gontor juga nampak berpikir kritis sehingga mereka banyak melontarkan pertanyaan kepada staf Museum BPK. Di akhir kunjungan mereka mengucapkan terima kasih atas panduan dan keramahan Museum BPK.