Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

“Bedhol Sekolah” ke Museum BPK

Pagi ini, Rabu, 11 Maret 2020, langit di atas Museum BPK begitu cerah. Tidak tampak tanda-tanda akan turun hujan. Hanya segerombolan awan putih menghiasi langit biru. Tidak ada pula tanda-tanda keanehan yang akan terjadi. Namun, sekitar pukul 8.30 WIB beberapa rombongan mobil datang beriringan. Segerombolan anak-anak didampingi beberapa orang dewasa turun dari mobil. Anak-anak berseragam merah putih itu menuju selasar Museum BPK.

Siapa dan ada apa? Mereka adalah rombongan siswa siswi dari SD Negeri Wates 4 Magelang yang sedang mengisi jeda semester kali ini dengan berkunjung ke Museum BPK. Hampir seluruh siswa di sekolah tersebut mengikuti kegiatan ini. Jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti “bedhol sekolah” ini adalah sebanyak 106 siswa yang terdiri dari siswa kelas 1 sampai dengan kelas 5. Hanya kelas 6 yang tidak mengikuti kegiatan ini karena kelas 6 mempersiapkan diri untuk melaksanakan ujian nasional. Sedangkan guru pendampingnya terdiri dari 10 orang guru.

Para rombongan dari SDN Wates 4 tersebut menyusuri ruangan di Museum BPK dipandu oleh para staf museum. Para siswa tampak ceria dan semangat walaupun kunjungan tersebut bukanlah kunjungan yang pertama kali.

Outdoor activity memang sangat berguna untuk menyegarkan kembali pikiran yang jenuh atas indoor activity terutama untuk kegiatan belajar mengajar yang rutin. Outdoor activity ini dapat diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan kegiatan yang menyenangkan tidak harus mahal seperti mengunjungi museum ini. Selain merasa senang, anak-anak didik juga akan bertambah wawasan dan pengetahuan.