Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI Gandeng Satuan Tugas Covid-19 Kota Magelang dalam Persiapan Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru

Museum BPK RI menyelenggarakan kegiatan FGD Persiapan Museum BPK RI Menuju New Normal pada Rabu, 22 Juli 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan kembali beroperasinya Museum BPK RI pada era new normal atau yang sekarang disebut adaptasi kebiasaan baru. Dalam kegiatan FGD ini, Museum BPK RI menghadirkan narasumber dari Tim Satuan Tugas Covid-19 Kota Magelang, Drs. Jarwadi, M.Pd., yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Magelang. Selain itu dalam kegiatan ini, Museum BPK RI juga memaparkan kesiapan untuk menghadapi era adaptasi kebiasaan baru yang dipaparkan langsung oleh Dicky Dewarijanto, S.E., M.M., selaku Kepala Museum BPK RI.

Kegiatan FGD Persiapan Museum BPK RI Menuju New Normal dihadiri oleh para pegawai Museum BPK RI dan perwakilan dari Museum Diponegoro dan Museum OHD. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto yang kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh kedua narasumber. Dalam paparan pertama, Jarwadi menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh museum yang akan beroperasi kembali dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Sebelum beroperasi kembali, museum harus melakukan simulasi setidaknya dua kali yang didokumentasikan dan dievaluasi setiap tahapannya. Jarwadi juga menerangkan pedoman-pedoman bagi pihak museum, pemandu, dan pengunjung pada kegiatan operasional penerimaan kunjungan museum. Paparan kedua, Dicky menjelaskan beberapa poin terkait persiapan Museum BPK RI menuju new normal, di antaranya sarana dan prasarana yang telah disiapkan, hal-hal yang harus dipenuhi pemandu, prosedur penerimaan kunjungan, pedoman pemandu, hal-hal yang harus disiapkan pengunjung, batasan-batasan yang akan diberlakukan museum, standar operasional prosedur kunjungan, penyemprotan disinfektan, dan hal-hal lainnya.

Usai paparan dari narasumber, kegiatan FGD dilanjutkan dengan sesi diskusi yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke gedung Museum BPK RI untuk mengecek kesesuaian sarana dan prasarana yang disiapkan Museum BPK RI dengan pedoman dan protokol kesehatan Covid-19.