Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI Undang Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Magelang untuk Persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru

Dalam rangka persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru (new normal), Museum BPK RI menggelar kegiatan simulasi terkait kunjungan pada saat museum kembali beroperasi pada Rabu, 2 September 2020. Pada kegiatan ini, Museum BPK RI mengundang Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Magelang yang terdiri dari beberapa unsur, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepolisian Resort Kota, Komando Daerah Militer 0705, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Selain itu, Museum BPK RI juga mengundang museum-museum se-Kota Magelang, yaitu Museum Taruna Abdul Djalil, Museum Diponegoro, Museum Sudirman, Museum Bumiputera, dan Museum OHD.

Kegiatan simulasi diawali dengan sambutan sekaligus paparan oleh Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, terkait protokol kesehatan yang akan diterapkan Museum BPK RI beserta persiapan sarana dan prasarana yang telah dilakukan. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab  sekaligus masukan-masukan dari tim yang ditujukan kepada Museum BPK RI.  Pada kesempatan tersebut, Tim Gugus Tugas memberikan apresiasi atas persiapan baik prosedur, sarana dan prasarana yang telah dirancang untuk kunjungan museum. Namun demikian, tim menghimbau agar pengelola Museum BPK RI harus tetap konsisten dan tegas dalam menerapkan protokol kesehatan jika telah kembali beroperasi, terutama pada saat menerima kunjungan berkelompok. Pengelola Museum BPK RI agar tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan pengunjung untuk memakai masker dan menjaga jarak antarpengunjung. Museum BPK RI juga diminta untuk menerapkan langkah-langkah antisipasi jika nantinya ditemukan pengunjung berindikasi kasus covid-19 dan bersiap untuk menghubungi pihak-pihak terkait.

Setelah sesi diskusi berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke dalam Museum BPK RI. Tim Gugus Tugas meninjau setiap ruangan apakah memenuhi standar protokol kesehatan atau tidak. Hasil peninjauan ini kemudian dituangkan ke dalam formulir pengecekan yang akan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan surat rekomendasi untuk beroperasi kembali dari Sekretaris Daerah Kota Magelang selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Magelang. Dengan berakhirnya peninjauan ini, kegiatan simulasi kunjungan Museum BPK RI berakhir.

Museum BPK RI menyelenggarakan kegiatan simulasi dengan mengundang Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Magelang ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara penerapan protokol kesehatan pada Museum BPK RI dengan standar pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah. Harapan ke depan, Museum BPK RI telah siap dalam menerima kunjungan dalam masa adaptasi kebiasaan baru.