Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Talkshow Hari Pers Nasional di Museum BPK RI

Dalam rangka Hari Pers Nasional 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang menyelenggarakan talkshow dengan tema “Pers, Prokes, dan Kebangkitan Ekonomi” pada Senin, 15 Maret 2021 dengan menggandeng Museum BPK RI sebagai tempat penyelenggaraan acara. Talkshow ini mengundang Walikota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz, Direktur Utama Bank Magelang, Hary Nurjianto, dan wartawan LKBN Antara, Hari Atmoko, sebagai narasumber, dengan Putri Rakhmadani sebagai host. Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan puisi yang berjudul “Pergolakan Wartawan di Tengah Erupsi” oleh seorang budayawan Kota Magelang ES Wibowo.

Walikota Magelang bersikap optimis bahwa Kota Magelang dapat segera menjadi kota yang bebas dari Covid-19 atau menjadi zona hijau. Kegiatan masyarakat pun akan berjalan dengan normal dan kebangkitan ekonomi dapat terjadi. Untuk mencapai tujuan ini, peran pers sangat dibutuhkan untuk mengedukasi masyarakat tentang penerapan protokol Kesehatan. Walikota juga .menuturkan bahwa berita yang disampaikan pers Kota Magelang sudah sesuai dengan kenyataan dan sangat edukatif. Disisi lain, Aziz juga menginginkan pers memiliki andil dalam menjual Kota Magelang karena Kota Magelang mempunyai tempat wisata yang bernilai jual, seperti Museum BPK RI, Gunung Tidar, Museum Diponegoro dan lain-lain.

Pada kesempatan berikutnya, Direktur Utama Bank Magelang memaparkan bahwa dunia perbankan memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan pers terkait dengan edukasi perbankan dan keuangan kepada masyarakat. Namun memang adanya pandemi Covid-19  berakibat pada tersendatnya  kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat.

Wartawan LBKN Antara menambahkan bahwa pers memiliki tantangan tersendiri dalam melakukan peliputan kepada publik, yaitu dengan tetap menjalankan tugasnya sesuai protokol kesehatan supaya tidak tertular dan tidak menyebarkan Covid-19.

Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, juga menyampaikan bahwa tema dari talkshow ini sangat sesuai dengan kondisi saat ini, dimana  Pers merupakan garda terdepan dalam penyampaian informasi tentang protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat. Penerapan prokes di masyarakat tentunya berdampak tidak baik pada perekonomian. Ini lah salah satu tugas pers untuk mensinergikan antara prokes dengan kebangkitan ekonomi. Talkshow yang disiarkan secara langsung pada channel Youtube PWI Kota Magelang ini berlangsung menarik, ditambah dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta diskusi.

Di akhir acara, Walikota Magelang berkenan untuk meninjau Museum BPK RI dengan mendapat pemanduan dari Kepala Museum. Walikota sangat terkesan dan berharap agar Museum BPK RI semakin maju dan semakin mendukung dunia pendidikan dan pariwisata di Kota Magelang, khususnya.