Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Diskusi Musik dan Kupas Komunitas Koes Plus Magelang Raya

Museum BPK RI turut memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret dengan menyelenggarakan “Diskusi Musik dan Kupas Komunitas Koes Plus Magelang Raya.” Kegiatan yang bertema “Musik Mempersatukan Bangsa” ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Maret 2021 dengan aplikasi Zoom. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi Museum BPK RI sebagai tempat edukasi dan rekreasi, melestarikan seni budaya Indonesia khususnya bidang musik, meningkatkan sinergisme antara Museum BPKRI dan Komunitas, serta menjadi media promosi dan sosialisasi Museum BPK RI terutama di masa pandemi sekarang ini.

Sambutan Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, SE, MM mengawali kegiatan tersebut, antara lain  disampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat komunitas di Magelang dan sebagai bentuk dukungan dari Museum BPK RI kepada komunitas agar tetap bersemangat dalam berkarya pada kondisi pandemi Covid-19 ini.

Kegiatan ini mengundang beberapa narasumber yaitu Fourmen Plus (Pelestari Lagu-Lagu Koes Plus), Sutarman (Ketua Komunitas Koes Plus Magelang Raya) dan Siska (pecinta lagu-lagu Koes Plus) dengan dimoderatori oleh  Erlangga. Pada diskusi musik yang dikhususkan untuk membahas tentang sepak terjang musisi legenda music Indonesia, yaitu Koes Plus dan perkembangannya sampai dengan saat ini, dimana banyak grup-grup music yang bergenre music Koes Plus, dan dampak pandemic pada perkembangan music beserta musisi saat ini.

Dalam paparannya, Sutarman memiliki pesan untuk generasi muda, yaitu untuk terus berkarya dan melestarikan lagu-lagu Koes Plus. Sutarman juga menambahkan agar generasi muda tetap menjadikan musik sebagai inspirasi kehidupan. Sejalan dengan Sutarman, Siska juga menyampaikan agar generasi penerus dapat meneruskan dan melestarikan lagu-lagu Koes Plus serta menjadikan lagu-lagu Koes Plus sebagai energi sebagai inspirasi ke depannya. Fourmen Plus sebagai narasumber sekaligus sebagai grup musik menyampaikan bahwa untuk meningkatkan antusiasme lagu-lagu Koes Plus, mereka mengumpulkan beberapa group band untuk mengadakan konser lagu-lagu Koes Plus yang penjualan tiketnya didonasikan kepada anak-anak yatim.

Diskusi musik ini menjadi lebih menarik karena diselingi lagu-lagu Koes Plus yang dilantunkan oleh Fourmen Plus. Lagu-lagu Koes Plus yang dibawakan antara lain Nusantara IV, Nusantara VII, Andaikan Kau Datang, Bersama Lagi, Oh Kasihan. Menggemanya lagu Kapan-Kapan yang dibawakan oleh seluruh crew menutup diskusi musik ini. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerja sama antara Museum BPK RI dengan komunitas-komunitas yang ada di Magelang.