Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Bedah Buku “Super Speed Reading”

Ada pepatah mengatakan “membaca adalah jendela dunia.” Dengan membaca, wawasan menjadi semakin luas dan pengetahuan menjadi bertambah. Jenis bacaan pun beragam, seperti artikel, berita, novel, buku pegetahuan, dan lain-lain.  Jenis bacaan apapun dapat memberikan manfaat bagi seseorang. Namun, terkadang membaca membutuhkan waktu yang lama apalagi jika seseorang memiliki kesibukan yang lain. Bagaimana cara agar dapat membaca secara cepat tetapi tetap paham isi bacaannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Museum BPK RI mengadakan webinar online Bedah Buku “Super Speed Reading” yang dilakukan pada 23 Juni 2021.

Bedah Buku Super Speed Reading yang berslogan “Membaca Cepat, Menyelamatkan Waktu dengan Tepat” ini terbuka untuk umum. Peserta berasal dari pegawai BPK RI, guru, mahasiswa, pelajar, dan kalangan umum. Narasumber pada webinar ini adalah penulis buku Super Speed Reading, Irwan Widiatmoko dan dimoderatori oleh R. M. Mahendradi, dosen Fisipol Universitas Tidar Magelang.

Sambutan Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, mengawali acara webinar online ini. Dalam sambutannya, beliau mengatakan webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dan memahami tulisan, serta dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat pada masa pandemi ini. Peserta diharapkan dapat mengambil ilmu dari webinar ini dan agar lebih gemar membaca.

Secara garis besar tahapan “Super Speed Reading” menurut Irwan adalah mengoptimalkan kondisi otak, mempersiapkan membaca cepat, membaca dengan pikiran bawah sadar, membaca dengan pikiran sadar, dan membuat peta memori. Irwan juga menjelaskan bahwa persiapan membaca cepat dapat dilakukan dengan melihat gambaran besar (jumlah bab yang dibaca, urutan membaca, motivasi membaca) dan menetapkan tujuan. Pikiran bawah sadar mempengaruhi kehidupan manusia, termasuk aktivitas memahami bacaan. Teknik-teknik membaca juga dipaparkan oleh Irwan, seperti scanning, skipping, skimming, dan selecting. Untuk meningkatkan pemahaman, Irwan mengatakan seseorang harus banyak membaca, aktif bertanya, dan membaca inti bacaan. Diskusi berjalan dengan lancar dan menarik karena diselingi oleh games yang dibawakan oleh Irwan dan disambut meriah oleh para peserta.

Webinar online bedah buku “Super Speed Reading” ini ditutup dengan games melalui aplikasi Kahoot. Para peserta terlihat sangat antusias dalam berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan dengan benar dan cepat. Diumumkannya tiga orang pemenang dengan nilai tertinggi mengakhiri webinar oniline ini.