Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Halal Bi Halal Komunitas Bikers Baderhood Indonesia di Museum BPK RI

Komunitas bikers Baderhood Indonesia gelar kegiatan bertajuk Desi-Halal di Museum BPK RI. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Mei 2022 ini merupakan agenda deklarasi Baderhood TKP (Tempat Kumpul Per Wilayah) Magelang serta halal bi halal antar anggota komunitas yang masih dalam suasana idul fitri. Dengan mengusung tema “Kumpul Sedulur ing Pakuning Tanah Jawa”, para anggota bikers Kota Magelang sebagai tuan rumah juga membawa misi untuk memperkenalkan Kota Magelang kepada anggota lain.

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta yang berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia, mulai dari wilayah sekitar Magelang seperti Wonosobo, Temanggung, Banjarnegara hingga wilayah Jawa bagian timur seperti Gresik dan barat seperti Bogor turut memeriahkan acara. Tentu saja para bikers ini mengendarai sepeda motor masing-masing dari asal daerah menuju Kota Magelang. Baderhood Indonesia menerima anggota dengan berbagai jenis sepeda motor karena komunitas ini lebih menjunjung tinggi nilai kekompakan anggota dari pada kekompakan jenis sepeda motor.

Hal yang sangat menarik perhatian adalah anggota Baderhood ini terdiri dari para bikers yang usianya relatif matang. Pada kaos seragam anggota terdapat tulisan angka 40+ yang artinya para anggotanya telah berusia 40 tahun atau lebih. Akan tetapi semangat serta jiwa bikers mereka selalu muda dan tidak pandangan usia.

Sebelum menuju Museum BPK RI, para bikers berkumpul terlebih dahulu di area Dinas Perhubungan Kota Magelang untuk melakukan tour keliling kota. Adapun rutenya dimulai dari Dinas Perhubungan Kota Magelang menyusuri Jalan Jend. Sudirman kearah utara melewati bukit Tidar, Jalan Tidar, Jalan Tentara Pelajar, Alun-alun Kota Magelang hingga tujuan akhir di Museum BPK RI.

Sesampainya para peserta di Museum BPK RI, kepala Museum BPK RI Dicky Dewarijanto menyambut hangat dan turut memberikan sambutannya. Beliau juga memberikan selamat atas dideklarasikannya Baderhood TKP Magelang. Turut hadir juga dalam kegiatan Sekertaris Daerah Kota Magelang, Kasat Lantas, Kepala Dinas Perhubungan, Asisten 2, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Kepala Satpol PP.

Sebelum acara inti dimulai, seluruh peserta diarahkan untuk memasuki Museum BPK RI terlebih dahulu, sehingga kegiatan ini juga sebagai ajang memperkenalkan Museum BPK RI kepada seluruh peserta, yang harapannya setelah kembali ke daerahnya masing-masing dapat ikut mempromosikan Museum BPK RI. Selain itu, sepanjang acara juga terdapat selingan hiburan menyanyi. Para anggota silih berganti menyumbangakan berbagai lagu untuk menyemarakkan kegiatan mulai pagi hingga sore hari. Sesuai dengan tagline Baderhood yang terdapat dalam petikan lirik lagunya yaitu “Kompak, santun, lucu” nampak tercermin dari masing-masing anggota yang selalu kompak dengan tetap berperilaku santun akan tetapi tetap menunjukkan tingkah-tingkah lucu. Baderhood assoy!