Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Berlatih Membaca Cepat Melalui Bedah Buku Super Speed Reading

Kegiatan membaca buku adalah salah satu upaya bagi seseorang untuk membuka jendela dunia. Melalui membaca, kita dapat mengetahui lebih banyak tentang hal baru maupun memperdalam pengetahuan yang telah kita kenal sebelumnya. Membaca merupakan salah satu keterampilan di bidang bahasa yang penting untuk seseorang dapat memahami suatu ide atau gagasan yang ada pada bacaan. Lalu, bagaimana dengan keterampilan membaca cepat? Tidak cukupkah seseorang hanya membaca dengan santai?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, Museum BPK RI mengajak ratusan siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kota Magelang untuk mengikuti acara Bedah Buku “Super Speed Reading: Membaca Cepat Menyelamatkan Waktu dengan Tepat”. Melalui acara ini, para siswa belajar mengenal kegunaan dan teknik membaca cepat dan langsung mempraktekkannya bersama sang pengarang buku Irwan Widiatmoko.

Irwan yang juga dikenal dengan sebutan Mr. SGM (Super Great Memory) menuturkan bahwa di Indonesia setidaknya ada 30.000 judul buku yang terbit setiap tahunnya. Jika diambil 1% judul buku yang relevan untuk mendukung bidang pendidikan atau pekerjaan seseorang, maka setidaknya ada 300 judul buku yang harus dibaca dalam satu tahun. Banyaknya informasi pada buku-buku tersebut harus diimbangi dengan kecepatan membaca dan memahami isi bacaan. Itulah mengapa, kemampuan membaca cepat sangat penting dimiliki oleh seseorang.

Sebelum masuk ke materi, Mr. SGM mengajak para siswa untuk melakukan pemanasan otak guna melatih dan mengoptimalkan kemampuan otak sebelum membaca. Irwan Widiatmoko dikenal sebagai seorang trainer profesional yang merupakan pemegang Rekor Pertama Daya Ingat MURI tahun 2002. Ia mampu mengingat 1 set kartu acak dalam waktu 1 menit 48 detik. Sedangkan buku Super Speed Reading yang dibahas dalam acara ini merupakan salah satu dari sekian banyak karyanya yang menjadi buku best seller.

“Ini merupakan kali kedua kami mengadakan kegiatan bersama pak Irwan. Sebelumnya karena situasi pandemi, maka dilaksanakan secara online. Kalau secara online kita tidak bisa merasakan emosi dan semangat saat berinteraksi seperti saat offline ini. Alhamdulillah sekarang bisa terwujud kembali.” Jelas Kepala Museum BPK RI, Dicky Dewarijanto, dalam sambutannya.

Sepanjang acara, para siswa tampak bersemangat dan sesekali riuh memenuhi ruang Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII ketika mereka harus mengikuti gerakan-gerakan sulit atau tantangan yang diberikan oleh Mr. SGM. Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, 19 Agustus 2022 berlangsung dengan sukses. Para peserta dapat menerapkan teknik membaca cepat untuk memahami suatu bacaan dengan kecepatan membaca diatas rata-rata.