Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI Ikuti Pameran Bersama Museum se-Indonesia di Semarang

Museum BPK RI kembali berkolaborasi dalam pameran bersama museum yang diselenggarakan di Kota Semarang pada tanggal 9-13 Juni 2023 mulai dari pukul 08.00 – 15.00 WIB. Kali ini ada 33 museum se-Indonesia yang turut berpartisipasi dalam kegiatan yang berjudul “Prasasti Ranggawarsita 2023”. Pameran bersama dengan tema “Merawat Titipan Nusantara” ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat khususnya generasi muda akan budaya melalui museum.

Pembukaan pameran dilaksanakan pada Jumat, (9/6/2023) pukul 18.30 WIB di halaman Museum Ranggawarsita yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, SE., MM. Kegiatan pameran juga diramaikan dengan penampilan-penampilan yang sarat akan nilai budaya seperti penampilan tari tradisional, orchestra gamelan, keroncong, dan pagelaran wayang kulit. Ada juga senam sehat, parade band, quiz museum, one day tour dan banyak kegiatan lainnya.

Melalui pameran bersama ini, Museum BPK RI hadir dan menampilkan koleksi-koleksi unggulan dan game-game interaktif yang dapat mengedukasi para pengunjung pameran agar menambah pengetahuan dan wawasan mengenai sejarah, tugas, peran serta kinerja BPK. Koleksi yang dipamerkan antara lain Notulen Algemene Rekenkamer, patung ketua BPK pertama R. Soerasno, proyektor dan mesin ketik lama serta properti SAI 20.

Museum BPK RI juga mengajak pengunjung untuk mencoba perangkat photobooth yang menjadi favorit banyak orang. Pengunjung dapat berfoto bersama dengan latar halaman Museum BPK RI. Hasil foto bisa dicetak dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk pengunjung.

Sampai dengan akhir kegiatan pameran berlangsung, tercatat ada 8450an pengunjung yang datang dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Harapannya, melalui pameran museum ini para pengunjung ini dapat lebih mengenal, mencintai dan mengunjungi museum di seluruh Indonesia untuk lebih mengenal jati diri bangsa dan menghargai kebudayaan adiluhung para pendahulu nusantara. Salam museum, museum di hatiku.