Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Hampir 3.000 Siswa Mengunjungi Museum BPK RI

 Maret 2018, Museum BPK RI mendapat kunjungan sebanyak 2.984 siswa. Kunjungan yang berlangsung dari tanggal 12 – 16 Maret 2018 ini terdiri dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama. Sekolah-sekolah yang  mengadakan kunjungan yaitu SMPN 7 Magelang, SMPN 8 Magelang, SDN Kemirirejo 3 Magelang, SDN Potrobangsan 1 Magelang, SDN Jurangombo 2 Magelang, SDN Wates 1 Magelang, SDN Rejowinangun Selatan 2 Magelang, TK Nurul Hikmah Salakan Kab. Magelang, SDN Tidar 1 Magelang, SMPN 9 Magelang, SDN Magelang 7, SDN Kendal, SDN Tidar 5 Magelang, SDN Gelangan 5 Magelang, SDN Bandongan 4 Magelang, TK Bandongan, dan SDN Wates 4 Magelang. Kunjungan yang berlangsung selama lima hari ini merupakan kegiatan sekolah untuk mengisi jeda semester.

Masing-masing sekolah diterima dan disambut hangat oleh pengelola museum. Pengelola museum mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan sekolah-sekolah yang bersangkutan serta menjelaskan secara detail informasi apa saja yang ada di setiap ruangan museum. Siswa-siswi tampak sangat antusias dalam menyusuri setiap ruangan museum. Mereka mendengarkan dengan seksama penjelasan tentang museum, mencatat dan bertanya kepada pengelola museum. Guru yang mendampingi pun juga sangat bersemangat dalam mengabadikan setiap momen anak didik mereka melalui telepon seluler. Antusiasme juga tampak dari para siswa dalam mencoba fasilitas yang ada di museum, seperti interactive floor, game “Syarat Menjadi Anggota BPK”, augmented reality, touch screen informasi sang ketua, dan lain-lain. Bahkan, siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar juga sangat menikmati fasilitas di ruang kids museum, ini terlihat dari ekspresi sedih mereka ketika diminta untuk melanjutkan ke ruang selanjutnya.

Di akhir kunjungan, guru pendamping dari tiap sekolah mengucapkan terima kasih atas sambutan istimewa dari Museum BPK RI.