Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI Bersiap Menuju New Normal

Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan kebijakan tatanan kenormalan baru atau new normal. Berbagai sektor yang beberapa waktu lalu ditutup, seperti sektor perekonomian, pariwisata, pendidikan dan sebagainya, akan mulai beroperasi kembali pada masa new normal ini. Pada prinsipnya, new normal yang akan diterapkan ini adalah adaptasi dengan pola hidup dan perilaku baru masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), secara bertahap dan terbatas, melaksanakan masa transisi menjelang dilaksanakannya bekerja di kantor pada era new normal. Demikian halnya dengan Museum BPK, Museum saat ini juga tengah bersiap-siap untuk menghadapi masa new normal. Beberapa upaya yang dilaksanakan Museum BPK  adalah penyiapan protokol kesehatan bagi pegawai dan pengunjung museum beserta sarana dan prasarananya. Di samping itu juga menetapkan pedoman kunjungan Museum BPK dan menggelar simulasi kunjungan museum dengan menerapkan protokol kesehatan.

Museum BPK menetapkan pedoman kunjungan Museum BPK di era new normal yang nantinya akan diterapkan bagi pegawai Museum BPK yang bertugas maupun pengunjung. Pedoman itu mengatur tentang bagaimana tata cara petugas Museum dalam menerima pengunjung dari awal hingga berakhirnya kunjungan dan tata cara pengunjung saat berkunjung ke museum.

Rabu, 10 Juni 2020, Museum BPK menggelar simulasi penerapan protokol kesehatan bagi pengunjung. Perekaman video simulasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Museum, Dicky Dewarijanto. Simulasi dimulai dari penerapan protokol kesehatan saat pengunjung masuk ke beranda Museum BPK. Pada tahap ini, diawali dengan mengharuskan pengunjung untuk memakai masker. Pengunjung diarahkan untuk mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan, dilanjutkan dengan pengukuran suhu tubuh oleh petugas dengan menggunakan thermogun. Suhu tubuh normal, pengunjung melanjutkan ke tahap berikutnya berupa registrasi buku tamu. Untuk pengunjung jumlah banyak, museum BPK menerapkan jaga jarak antar pengunjung maupun dengan petugas Museum dengan memasang tanda posisi berpijak sebagai ukuran jaga jarak di setiap ruangan.  Museum BPK juga menyediakan hand sanitizer di beberapa lokasi. Dalam menyambut pengunjung, setiap petugas museum akan dibekali dengan faceshield, masker, dan kaos tangan untuk mengantisipasi virus ini.

Persiapan protokol kesehatan untuk menuju new normal pada Museum BPK ini ditujukan untuk menyikapi jika ada arahan kembali beroperasi menerima kunjungan.