Museum opening hours: 9AM to 3PM. Buka Setiap Hari

Museum BPK RI selenggarakan seminar online “Menulis Itu Jurnalis”

Magelang – Museum BPK RI menyelenggarakan seminar online yang bertema “Menulis Itu Jurnalis”, Rabu (10/2/2021). Kegiatan ini merupakan bagian dari acara untuk memperingati Hari Pers Nasional tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 9 Februari.

Seminar online ini dibuka secara gratis untuk pegawai BPK, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum, dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan pada bidang jurnalistik sehingga mampu diterapkan dalam bidang pekerjaan masing-masing.

Seminar online diawali dengan sambutan dari Bapak Dicky Dewarijanto,S.E,M.M. selaku Kepala Museum BPK RI. Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini di moderatori oleh Bapak Asef Amani (36) yang berprofesi sebagai wartawan Suara Merdeka dan juga menggundang seorang narasumber yang berkompeten dan berpengalaman yaitu Bapak Wahyu Juniawan yang dari CNN Indonesia.

Di kesempatan kali ini Bapak Wahyu Juniawan membagikan pengalamannya selama menjadi seorang jurnalis dan pengetahuannya seputar jurnalistik dari dasar teknik sampai kiat-kiat menulis jurnalistik secara tepat, benar, dan mengasyikan.

Beliau menjelaskan bahwa seorang jurnalis harus memberikan tulisannya yang berdasarkan fakta, melakukan validitas data, pemilihan data, penyampaian berdasarkan norma dan undang-undang, serta netralisasi dan kejujuran. Laporan dari seorang jurnalis juga harus dari hasil dia mencari berita ditempat kejadian secara langsung. Jurnalistik di era digital ini juga harus melihat pergeseran perilaku audiens, kemajuan teknologi informasi, Citizen Journalism atau siapapun bisa menyiarkan, masyarakat haus akan informasi, dan media mainstream bersaing dengan media sosial.

Bapak Wahyu juga memberikan tips untuk menjadi jurnalis yaitu dengan memperluas pengetahuan, berfikir secara terbuka dan netral, memiliki visi & misi yang baik dan mencerdaskan, berlatih riset, menulis, foto, dan video, serta mampu untuk memilih media yang tepat untuk publikasi.

Setelah pemaparan dari pemateri terdapat sesi tanya jawab yang berlangsung sangat menarik, ditambah keaktifan dari peserta dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan membuat acara semakin meriah.